//
you're reading...
Unisba

TUGAS ANALISIS SKRIPSI HADITS

PENELITIAN HADITS

MAKALAH

Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Kelompok Pada Mata kuliah Metodologi Penelitian I Oleh Bapak Aep Saepudin, Drs., M.Ag.

Disusun Oleh :

10030107006 : Khambali

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

TAHUN 2010

BAB I

PEMBAHASAN

  1. A. Judul Skripsi
  • IMPILIKASI PENDIDIKAN DARI HADITS QUDSI RIWAYAT MUSLIM TENTANG KEDERMAWANAN TERHADAP PEMBINAAN SIKAP DERMAWAN
  • Oleh : Ulfiyah/10030198019
  • Tahun 2004
  1. B. Sistematika Pembahasan

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pendapat para pensyarah hadits mengenai hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?
  2. Apa esensi yang terkandung di dalam hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?
  3. Bagaimana pendapat para pakar pendidikan tentang pembinaan sikap dermawan?
  4. Bagaimana impilikasi pendidikan dari hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui bagaimana pendapat para pensyarah hadits mengenai hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?
  2. Untuk mengetahui apa esensi yang terkandung di dalam hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?
  3. Untuk mendapat kejelasan mengenai bagaimana pendapat para pakar pendidikan tentang pembinaan sikap dermawan?
  4. Untuk mengetahui bagaimana implikasi pendidikan dari hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan?

D. Kegunaan Penelitian

  1. Kegunaan secara teoritis : dapat menambah wawasan bagi penulis pada khususnya dan kaum muslimin pada umumnya terutama menganai pembinaan sikap dermawan.
  2. Kegunaan secara praktis : sebagai masukan bagi para pendidik dalam mendidik siswanya untuk lebih dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai agama dalam kehidupan terutama mengenai sikap dermawan.

E. Kerangka Pemikiran

F. Metode Dan Teknik Penelitian

  1. Metode yang digunakan adalah metode interpretatif, yaitu metode yang digunakan untuk menerangkan sesuatu agar menjadi jelas dengan merujuk pada teks untuk menyediakan ruang bagi penataan dan menyediakan kitab-kitab yang relevan dengan penelitian yang sedang diteliti. (puspoerejo, 1987 : 194)
  2. Untuk penelusuran hadits, metode yang digunakan adalah metode takhriji.
  3. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik kepustakaan atau library research.

G. Sumber Kajian

  1. Shahih muslim (imam muslim)
  2. Shahih muslim bi syarhi al-nawawi (imam al-nawawi)
  3. Tuhfah al-ahwadzi (abu ali muhammad abdurrahman bin abdirrahim al-mubarakafuri)
  4. Riyadh al-shalihin (muhiyiddin abu zakariya yahya bin syarf al-nawawi)
  5. Dalil al-falihin (muhammad bin alam ash-shidiqi asy-syafi’i)
  6. Al-taj al-jami li al-ushul fi ahadits al-rasul (manshur ali nasif)
  7. Al-taghrib wa al-tahrib (zakiyayuddin abdul adhim)
  8. Mausu’ah al-hadits al-syarif (cd-rom)
  9. Al-maktabah al-alifiyah li al-sunnah al-nabawiyah (cd-rom)

10.  Buku-buku lain yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti

H. Langkah-Langkah Penelitian

  1. Menelusuri hadits dari sumber asli
  2. Membandingkan matan hadits
  3. Melihat siapa saja yang meriwayatkan
  4. Melakukan penilaian kedudukan hadits dengan cara melihat keshahihan matan dan sanad
  5. Menterjemahkan hadits
  6. Menginventaris pendapat para pensyarah hadits
  7. Menjelaskan istilah-istilah yang ada dalam hadits
  8. Menganalisis esensi pendapat para pensyarah hadits
  9. Mencari landasan teoritis yang berhubungan dengan masalah yang diteliti
  10. Mencari nilai-nilai yang terkandung dalam hadits

BAB II KAJIAN HADITS QUDSI RIWAYAT MUSLIM TENTANG KEDERMAWANAN

  1. Teks Dan Terjemahan Hadits
  2. Pengertian Penggalan Hadits
  3. Penjelasan (Syarh) Hadits Menurut Musyarrih
  4. Sanad Hadits
  5. Naqd Sanad
  6. Kedudukan Hadits
  7. Rangkuman Hadits
  8. Esensi Hadits

BAB III PENDAPAT PARA AHLI PENDIDIKAN TENTANG PEMBINAAN SIKAP DERMAWAN

  1. A. Pengertian Sikap Dermawan
    1. Pengertian Sikap
    2. Pengertian Dermawan
    3. Pengertian Shadaqah

B. Anjuran Berprilaku8 Dermawan

C. Pahala Orang Yang Dermawan (Menginfakkan Harta Di Jalan Allah)

D. Pembinaan Sikap Dermawan Dan Upaya Menjauhkan Diri Dari Sikap Kikir

E. Urgensi Kedermawanan Dalam Hidup Dan Kehidupan

BAB IV IMPILIKASI PENDIDIKAN DARI HADITS QUDSI RIWAYAT MUSLIM TENTANG KEDERMAWANAN TERHADAP PEMBINAAN SIKAP DERMAWAN

  1. A. Analisis Terhadap Esensi Hadits
    1. Sikap Dermawan Sebagai Keutamaan Akhlak
    2. Sikap Dermawan Dapat Menumbuhkan Sikap Sosial Dan Spiritual
    3. Skala Prioritas Pemberian Derma
    4. Pembinaan Sikap Dermawan

B. Impilikasi Pendidikan Dari Hadits Qwudsi Riwayat Muslim Tentang Kedermawanan Terhadap Pembinaan Sikap Dermawan

  1. Sikap Dermawan Akan Menumbuhkan Rasa Persaudaraan (Ukhuwah)
  2. Sikap Dermawan Akan Menumbuihkan Rasa Kasih Sayang (Rahmah) Dan Empati
  3. Sikap Dermawan Akan Menumbuhkan Rasa Mementingkan Orang Lain (Itsar)
  4. Sikap Dermawan Akan Menumbuhkan Rasa Aman
  5. Prioritas Pemberian Derma Dan Wujud Kepedulian Sosial
  6. Pembinaan Sikap Dermawan
  7. Pembinaan Dengan Suri Tauladan
  8. Pembinaan Dengan Pembiasaan Sejak Dini

BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP

  1. A. Kesimpulan
    1. Para pensyarah hadits menjelaskan mengenai hadits qudsi riwayat muslim ini bahwa dermawan ialah memberikan suatu kelebihan harta sesuai dengan kemampuannya dengan penuh keikhlasan kepada yang pantas menerimanya dengan tujuan mengaharap keridhaan Allah semata.
    2. Esensi yang terkandung di dalam hadits qudsi riwayat muslim tentang kedermawanan (terdapat 5 poin : bisa dilihat di skripsi)
    3. Pendapat para ahli pendidikan bahwa pembinaan sikap dermawan harus dilakuakan sejak dini kepada peserta didik dengan cara memberikan suri teladan dan pembiasaan kepada peserta didik.
    4. Implikasi pendidikan dari hadits qudsi riwayat muslim ini bahwa kedermawanan dapat menumbuhkan suatu ikatan emosional mendalam.
  1. B. Saran-saran
    1. Kepada masyarakat umum. Bagi seorang muslim yang beriman secara totalitas jiwa dan raganya, hendaknya lebih menanamkan dan menumbuhkan keutamaan-keutamaan akhlak, sehingga dapat mendorong diri untuk lebih meningkatkan frekuensi iman dan takwanya, dan senantiasa beramal kebajikan, menegakkan kebenaraan, serta keadilan di mana pun ia berada.
    2. Kepada para pendidik. Para pendidik hendaknya selalu memberikan suri tauladan dan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada peserta didiknya dalam berbuat dan bertingkah laku, sehingga dapat menjadi seorang panutan yang ditiru dan ditauladani oleh peserta didiknya.
    3. Untuk peneliti selanjutnya. Hendaknya para peneliti mengkaji dan menggali lebih lanjut khususnya yang berkaitan dengan hadits riwayat muslim ini, umumnya hadits-hadits lain dalam rangka menambah khazanah dalam dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan islam.
    4. C. Penutup

DAFTAR PUSTAKA

BAB II

ANALISIS SKRIPSI

  1. Skripsi ini, konsistensinya sangat bangus. Dilihat dari Bab 1 (Perumusan Masalah dengan Tujuan Penelitian).
  2. Sumber kajian dalam skripsi ini sangat banyak, sehingga wawasan keilmuannya sangat tinggi.
  3. Metode yang sigunakan sangat cocok dengan model penelitian hadits.
  4. Dalam Bab II, pembahasannya sangat komplit. Sehingga hasil dari kajian haditsnya sangat maksimal.
  5. Penggunaan bahasa yang sipakai dalam skiripsi ini bagus, yaitu sesuai dengan EYD yang distandarkan.
  6. Terdapat konsistensi antara Bab I dengan Bab V, yaitu tentang kesimpulan (terdapat 4 poin kesimpulan sesuai dengan pembatasan masalah dan tujuan penelitian sesuai pada Bab I)
  7. Di skripsi ini tidak ada tabel dari kata-kata kunci atau keyword dalam hadits riwayat muslim tentang kedermawanan. Seharusnya ada tabel tentang kata perkata dengan disertai berbagai sumber dan pendapat imam-imam hadits.

About mujaddid

bijaksana

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: